Pages

Minggu, 07 November 2010

Asal Mula Terjadinya Negara

Cara mengetahui asal mula terjadinya suatu negara :
 Secara Faktual yaitu berdasarkan fakta nyata yang dapat diketahui melalui sejarah lahirnya negara tersebut. Di sini,terjadinya negara dapat digolongkan dalam beberapa istilah sbb. :
• Innovation (Pembentukan Baru), Munculnya suatu negara baru di atas wilayah suatu negara yang pecah dan lenyap karena suatu hal.
• Anexatie (Penguasaan), Suatu negara berdiri di suatu wilayah yang dikuasai oleh bangsa lain tanpa reaksi berarti.
• Proklamasi, Ini terjadi ketika penduduk pribumi dari suatu wilayah yang diduduki oleh bangsa lain mengadakan perjuangan sehingga berhasil merebut wilayahnya kembali dan menyatakan kemerdekaannya.
• Fusi (Peleburan), Beberapa negara mengadakan peleburan dan membentuk satu negara baru.
• Accesie (Penaikan), Ini terjadi karena terbentuknya suatu wilayah akibat kenaikan lumpur sungai atau timbu dari dasar laut. Wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuknya negara.
• Cessie (Penyerahan), Ini terjadi ketika suatu wilayah diserahkan pada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu.
• Occupatie (Pendudukan), Suatu daerah atau wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai, diduduki dan dikuasai oleh suku atau kelompok tertentu.
 Secara Teoritis Ini yaitu berdasarkan kajian teoritis. Beberapa teori terbentuknya negara sbb:
• Teori Ketuhanan, yaitu berdasarkan kepercayaan bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Tuhan.
• Teori Kekuasaan, negara terbentuk atas dasar kekuasaan, dan kekuasaan adalah ciptaan orang yang paling kuat dan berkuasa.
• Teori perjanjian masyarakat ( kontrak sosial ), negara terjadi karena adanya perjanjian masyarakat, semua warga negara mengikat diri dalam suatu perjanjian bersama untuk mendirikan suatu organisasi yang bisa melindungi dan menjamin
• Teori Hukum alam, hukum alam bukan buatan negara, melainkan kekuasaan alam yang berlaku, di setiap waktu dan tempat, serta bersifat universal dan tidak berubah.

 Berdasarkan proses pertumbuhan adalah cara mengetahui tahap-tahap perkembangan negara, mulai dari asal mula terjadinya, proses pertumbuhannya , hingga mencapai bentuk yang kita kenal sekarang. Berdasarkan cara ini, asal mula terjadinya negara dibedakan menjadi 2 proses :
• Secara Primer
 Suku/Persekutuan Masyarakat (genootschaft)
Kehidupan manusia diawali dari keluarga kemudian berkembang menjadi kelompok-kelompok masyarakat hukum atau suku. Satu suku berkembang menjadi dua suku,tiga suku,dan seterusnya hingga menjasi besar dan kompleks.
 Kerajaan (RIJK)
Kepala suku yang semula berkuasa di masyarakat hukumnya mengadakan exspansi dengan melakukan penaklukan-penaklukan ke daerah lain.
 Negara Nasional
Semula negara nasional di perintah oleh raja yang absolut dengan sistem pemerintahan tercentralisasi.Semua rakyat dipaksa mematuhi kehendak dan perintah raja.Hanya ada satu identitasa kebangsaan.Fase ini disebut fase nasional dalam terjadinya negara .
 Negara demokrasi
Adanya kekuasaan raja yang absolut menimbulkan keinginan rakyat untuk memegang kekuasaan sendiri,artinya kedaulatan atau kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat.Rakyat berhak memilih pemimpinnya yang dianggap mampu mewujutkan aspirasinya.
• Secara Sekunder
Teori ini beranggapan bahwa negara telah ada sebelumnya.Namun karena adanya revolusi,intervensi, dan penaklukan, timbullah negara yang menggantikan negara yang telah ada tersebut.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis